Minggu, 05 Januari 2014

siapa KSR PMI Unit 01 Unsyiah...?


KSR PMI Unit 01 Universitas Syiah Kuala





Korps Sukarela Palang Merah Indonesia (KSR PMI) Unit Perguruan tinggi merupakan suatu unit didalam perhimpunan Palang Merah Indonesia yang merupakan wadah kegiatan atau wadah pengabdian bagi anggotanya yang memberikan pertolongan atau bantuan bagi yang membutuhkan dalam unit atau dimanapun saat terjadinya suatu bencana maupun musibah lainnya.
Korps Sukarela Palang Merah Indonesia (KSR PMI) Unit 01 Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) merupakan unit didalam perhimpunan Palang Merah Indonesia yang tergabung dalam Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) di kampus Universitas Syiah Kuala. Sruktur organisasi KSR PMI Unit 01 Unsyiah dibawah pembinaan Pembantu Rektor III Universitas Syiah Kuala dan Ketua PMI Cabang Kota Banda Aceh.



KSR PMI Unit Unit 01 Unsyiah merupakan ujung tombak Palang Merah Indonesia dalam hal melakukan tugas – tugas kemanusiaan dalam membantu sesama. Tugas yang dilakukan selalu didasari oleh Tujuh Prinsip Dasar Gerakan Palang Merah dan Bulan Sabit Merah Internasional dan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Tujuh Prinsip Dasar Gerakan Palang Merah dan Bulan Sabit Merah Internasional yaitu : Kemanusiaan, Kesamaan, Kenetralan, Kemandirian, Kesukarelaan, Kesatuan dan Kesemestaan. Prinsip yang diemban ini harus bisa mencapai sasaran yang dimaksud sehingga masyarakat bisa merasakan manfaatnya. Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu : Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian. Serta pedoman teknis KSR PMI Unit 01 Unsyiah menggunakan Pedoman Manajemen Relawan KSR-TSR dan pedoman KSR PMI Unit 01 Universitas Syiah Kuala


KSR PMI Unit 01 Unsyiah didirikan pada tanggal 4 Juni 1995 dengan pendiri nya bernama Kak Cut Faisal Syahputra dengan komandan pertama Kak Suburhan Pagan. Semenjak didirikan sampai sekarang tahun 2011 KSR PMI Unit 01 unsyiah telah melahirkan ribuan relawan yang telah membuktikan dedikasi dalam menjalankan misi kemanusiaan. Organisasi ini memiliki satu Unit Markas sebagai sekretariat di Gelanggang Mahasiswa Unsyiah dan memiliki Satu Unit Pos Pelayanan Pertama Pertama (P4) dan Gudang yang terletak di Tower Air kampus Unsyiah


B. VISI DAN MISI


Visi :
Relawan Unsyiah siap menyediakan dan memberikan pelayanan kepalangmerahan dengan cepat dan tepat.



Misi :
1-- Menyebarluaskan dan mendorong aplikasi secara konsisten Prinsip prinsip Dasar Palang Merah dan Bulan Sabit Merah Internasional.



2-- Berperan aktif dalam penanganan bahaya HIV/AIDS dan penyalahgunaan NAPZA di lingkungan kampus maupun masyarakat.


3-- Menggerakan generasi muda khususnya mahasiswa dan pelajar dalam tugas-tugas kemanusiaan.

4-- Pengembangan dan penguatan kapasitas organisasi di seluruh jajaran KSR-PMI guna meningkatkan kualitas potensi sumber daya manusia, sumber daya dan dana agar visi, misi dan kegiatan KSR- PMI dapat diwujudkan secara berkesinambung.


5-- Membantu PMI dalam menjalankan Tugas Kemanusiaan tidak terlepas dari tujuh prinsip dasar Palang Merah dan bulan Sabit merah internasional dan Tri Dharma Perguruan Tinggi.

0 komentar:

Posting Komentar